Senin, 26 November 2012

Cara Membuat Dummy Load Untuk Pemancar FM


Cara Membuat Dummy Load Untuk Pemancar FM


Saat kita membuat pemancar dibutuhkan dummy load yang fungsinya sebagai pengganti antena pada saat kita melakukan tunning pemancar atau "ngetrim", dan biasanya beban ini berimpedansi 50 ohm. Dummy load ini pemakaiannya biasanya bersamaan dengan alat ukur Power atau SWR meter, yang gunanya untuk melihat besarnya daya output pemancar dengan beban.

Untuk membuat Dummy Load dapat digunakan Resistor Karbon sebagai bahan pembuatannya. Berbeda dengan Resistor dari bahan Nikelin, resistor karbon tidak bersifat Reaktif (Induktif maupun Kapasitif). Resistor Nikelin terbuat dari Kawat atau Plat Nikelin yang dililit pada bahan keramik atau dibungkus keramik/bahan gips dan dengan demikian akan bersifat Induktif sehingga Karakteristik sebuah Dummy LoadRF tidak lagi terpenuhi karena Nilai Impedansi akan sangat terpengaruh oleh tinggi rendahnya frekuensi. Untuk itulah digunakan Resistor Karbon. Di pasaran cukup banyak tersedia Resistors Carbon namun dengan nilai dan daya yang sangat terbatas. Yang paling banyak adalah 2-Watt.

Hal pertama dalam membuat dummy load adalah menentukan Daya Maksimal dan Impedansi. Sebagai contoh apabila menginginkan Dummy Load 50-Ohm/40-Watt dengan bahan Resistor Karbon 1000-Ohm/2-Watt maka diperlukan Resistor sebanyak :
  • 1000/50 = 20 buah resistor
Daya total
  • 2w X 20 = 40Watt
Selanjutnya rangkailah resistor tersebut secara parallel seperti gambar di bawah, Beban kontinu yang mampu dibebani secara terus menerus pada dummy load ini kira-kira 1/2 dari daya total atau sekitar 20Watt.
Rangkaian Dummy Load Untuk  Pemancar FM
Ketika sedang melakukan tunning pemancar, power pemancar bisa diketahui langsung dengan menggunakan rangkain di bawah ini. posisi sw low untuk power 10 watt sedangkan high untuk 50 watt. VR 50K dan 500K diperlukan untuk proses mengkalibrasi. 
Rangkaian Dummy Load +
 Power meter Untuk  Pemancar FM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar